[Serial Lupus Spesial Ramadhan] Malu Dong Sama Anak SD

By Miss Rain - 00.01

“Ada apa Sur? Tampang lo kuyu abis.’
            “Aih, Pus, dikau lihat ngga tuh ulah si Boim di sosial media?”
            “Ada apa emang sama si Boim? Dikomen lagi sama Kaesang atau Pevita Pearce?”
            “Bukan, Pus!” Bentak Gusur. “Tahu ngga Pus dikau sama ulah si Boim yang sering posting foto makanan di Instagram siang-siang di bulan puasa? Kan, siang-siang itu waktu puncak kita kelaparan dan kehausan, Pus. Mentang-mentang udah populer dia di dunia maya. Posting apa aja sembarangan. Daku yakin Pus, kalo si Boim itu pasti ngga puasa.”
            “Hush, lo jangan nuduh sembarangan Sur. Kan kita ngga tahu Boim itu puasa atau ngga. Elo juga, kalo ngga suka sama si Boim yang posting foto makanan siang-siang, ya udah unfollow aja IG dia. Ntar pas lebaran, maaf-maafan, baru lo follow lagi si Boim. Kan gampang kalo gitu.” Lupus mulai sebel sama curhatan si Gusur.
            “Ngga bisa gitu dong, Pus. Kalo kayak gitu, daku akan dicap plin-plan oleh dunia persilatan.”
            “Bodo. Terserah elo deh Sur.” Lupus jadi beneran sebel dan berlalu pergi.

            “Hi Pus, gue boleh ngomong sesuatu ngga sama lo, Pus?” tanya Ruri tiba-tiba pas istirahat kelas.
            “Eh, boleh Rur, mau ngomong apa? Kalo mau nembak, maaf aja ya Rur, gue udah punya cewek. Tapi kalo Poppi mau dipoligami dan elo mau jadi yang kedua, gue sih mau-mau aja,” jawab Lupus sambil malu-malu.
            “Dih, lagak lo, Pus. Siapa juga yang mau nembak lo! Ngga usah kepedean deh pake mau poligami segala. Gue tuh mau ngomong, tentang temen deket lo, si Boim.”
            “Apaaa? BOIM???? Lo suka Boim, Rur?” Lupus mulai berdrama. “Boim sih udah pasti mau sama lo, Rur.”
            “Bukan. Diam kau, Pus! Gue cuma mau bilang, nasehatin temen lo, si Boim itu, jangan suka posting foto-foto makanan siang-siang pas puasa. Gue keganggu banget sama ulah si Boim. Masa gue lagi haus berat siang-siang, eh temen lo itu malah posting foto Es Kelapa Muda. Kan, itu jahat, Pus. Apa yang dia lakukan ke saya itu JAHAT, Pus!” Kata Ruri sambil niruin gaya Cinta di Film AADC2.
            “Eh, terus lo akhirnya batalin puasa, Rur?” selidik Lupus.
            “Eh, ehhmmm, enggak lah Pus, masa gue kegoda sama foto es kelapa muda.” Ruri gelagapan menjawab.
            “Ya udah, Rur. Kalo lo ngga keganggu, ya berarti ya ngga apa-apa. Ngga usah dipikirin si Boim. Kan elo ngga keganggu, ya kan?” tanya Lupus.
            ‘Eh, iya. Iya udah kalo gitu ya, Pus. Gue pergi dulu ya. Udah mau bel masuk. Gue mau ke toilet dulu.” Kata Ruri sambil jalan ke arah toilet.

            “Eh, ada apa ini? Para lelaki muda kenapa pada berkumpul di dalam kelas gini? Udara luar cerah lho. Pada ngga ada yang mau main sepakbola atau basket gitu? Yuk, gue lagi pingin olah raga nih,” ajak Lupus kepada beberapa orang teman-teman cowok di kelasnya.
            “Ogah ah, Pus. Kan lagi puasa ini. Kita di kelas aja. Hemat  energi. Biar ngga haus dan lapar,” jawab Anto.
            “Yah, puasa tuh bukan alasan buat kita buat malas-malasan. Yuk, kita olah raga. Gue baru beli sepatu baru nih, butuh dicoba buat olah raga,” kata Lupus sambil cengengesan.
            “Dih, ogah ah, Pus. Lo sendiri saja. Kami di sini aja,” jawab yang lain menimpali.
            “Pada ngomongin apaan sih? Serius amat?” tanya Lupus penasaran.
            “Kamu follow IG-nya si Boim kan, Pus? Nah, pasti tahu kalo si Boim itu suka posting foto makanan siang-siang,” jawab Anto.
            “Oh, gitu doang. Jangan kayak anak SD deh,  foto makanan doang diributin. Puasa tuh dari hati. Jangan mudah tergoda.” Lupus sok berfilosofis.
            “Tapi, Pus, kamu ....” Anto mau ngomong tapi udah disela Lupus.
            “Udah deh, kalo kalo ngga suka, udah ngga usah follow si Boim. Beres, kan?” Lupus mulai jengah sama teman-temannya yang ngeributin foto makanannya si Boim.

            Pulang sekolah, Lupus ngga ada kegiatan. Tumben rumah sepi. Mami lagi nganterin katering ke pelanggan. Lulu lagi main ke rumah temennya. Waktunya bagi Lupus untuk menikmati kesendirian dengan berselancar di dunia maya. Beberapa hari ini, kuota internet Lupus habis, dan Lupus memang nungguin honor tulisannya buat beli kuota internet. Jadi hari ini, hape Lupus sudah terkoneksi dengan internet.
            “Ok, apa kabar dunia selama gue ngga ada? Wah, Syahrini liburan ke Maldives pake jet pribadi. Aurel makin cantik aja. Apa? Doni beli sepatu yang sama yang sama kayak punya gue! Semoga ntar makenya ngga barengan. OH MY GOOOD!!!! APAAN INIIII!!!! Boim, awas aja lo, ya! Gue samperin ke rumah lo, sekarang!” teriak Lupus sambil cepet-cepet bangkit dan lari ke luar rumah.

            “Eh, Im, MAKSUD LO APAAN POSTING FOTO ES TEH SIANG-SIANG GINI?” teriak Lupus begitu dipersilakan masuk ke kamar Boim.
            “Eh, Lupus. Gue kan cuma iseng. Gue tahu lo semua pada puasa, jadi ya gue kasih foto makanan biar kalian terpuaskan gitu.” Bela Boim sambil cengengesan.
            “Terpuaskan pala lo!” Lupus masih aja marah.
            “Yah, Pus, kamu harus tahan godaan dong. Masa sama es teh manis yang seger banget aja kalah. Malu dong sama anak SD.”
            “Awas ya, lo, Im.” Lupus malu, tapi masih tetep marah. “Eh, Im, ngomong-ngomong, kok gue nyium bau nasi padang ya? Ada bau rendang di sini?”
            “Oh, itu properti gue buat foto-foto buat diposting di IG.” Boim mulai kikuk.
            “Lha, itu Im, nasi padangnya. Ada di bawah ranjang.” Kata Lupus mengambil piring nasi padang dari bawah ranjang Boim. “Kayak gini buat properti foto, Im? Tinggal setengahnya gini? Ini habis buat properti foto apa habis kamu makan, kan Im? Ini juga gelas bekas es teh yang tadi, kan? Es teh-nya sudah habis. Kamu ngga puasa, Im?” tanya Lupus pada Boim.
            Eh, sebenarnya, tadi ..., tadi niatnya puasa, Pus. Cuma karena ada es teh dan nasi padang, jadi gue makan sekalian. Kalo nunggu buka, sayang es teh-nya dan nasi padangnya udah ngga hangat lagi,” kata Boim sambil terbata-bata.
            “Jadi elo tergoda batalin puasa cuma gara-gara nasi padang sama es teh, Im? Malu dong sama anak SD!” Kata Lupus sambil keluar dari kamar Boim.
            “Eh, Pus, gue minta maaf deh. Gue ngga akan posting foto makanan siang-siang lagi. Tapi tolong dong, jangan kasih tahu siapa-siapa. Ntar followers gue berkurang. Tolong ya, Pus.” Boim menghiba, tapi Lupus enggan berpaling.

            “Pus, lo marah ya, sama gue. Maaf ya, Pus.” Boim mulai deketin Lupus pas besoknya di sekolah.
            “Tenang aja, Im. Gue ngga akan bilang ke yang lain kalo elo ngga puasa, kok. Tapi gue tetep marah sama elo.”
            ‘Iya, Pus. Gue tahu kok gue salah. Gue ngga akan posting foto makanan lagi.Gue udah sadar sekarang. Gue juga beneran puasa kok hari ini. Ini belum makan dari subuh tadi.”
            “Dih, semua orang juga kalo puasa nahan lapar dari subuh, Im.” Lupus masih bete.
            “Gue lagi sedih ini, Pus. Gara-gara gue sering posting foto makanan siang-siang pas puasa, sekarang, followers gue cuma tinggal setengahnya, Pus. Mereka pada unfollow gue.” Lupus mulai tergugah mendengar penuturan Boim. Dunia maya sekarang menjadi hidup Boim. Pasti berat banget buat Boim yang udah jadi selebgram ini buat kehilangan followers.
            “Yah, namanya juga dunia maya, Im. Ngga ada followers yang sejati. Ya, kalo mereka suka bakalan di-follow, kalo ngga suka, ya di-unfollow. Udah, sekarang lo mending minta maaf secara terbuka aja di IG. Bilang aja lo bakalan menghormati orang lain dan ngga dengan sengaja posting foto makanan siang-siang.”
            “Iya, Pus, lo emang sobat gue yang paling baik.” Boim mulai meluk Lupus.
            ‘Ah, ngga mau! Minggir sana, Im. Jangan dekat-dekat gue.” Lupus lari ke kelas. Boim cuma ketawa-ketawa.

            Sorenya di rumah, Lupus melihat postingan meme Boim di IG sama permintaan maaf dia yang suka posting foto makanan siang-siang pas puasa. Seperti biasa, meme buatan Boim memang lucu dan kreatif. Pantesan aja Boim bisa sukses jadi selebgram.
            “Pus, mami masih ada banyak makanan sisa katering tadi siang. Ajak aja temenmu si Boim sama Gusur buat buka puasa di sini. Mereka puasa, kan?” tanya Mami.
            “Iya, Mi. Mereka puasa. Oke, Lupus WA mereka. Mereka pasti seneng diajakin buka puasa bersama. Gratis lagi.”


  • Share:

You Might Also Like

0 comments