[Lupus] Kopi Darat Gusur

By Miss Rain - 00.03

“Pus, bangun dong! Dicariin Gusur sama Boim tuh.” Lulu narik-narik selimut Lupus yang lagi tidur siang di kamarnya.
            “Apaan sih, Lu. Ngapain sih mereka Hari Minggu gini ke sini? Bilang aja gue lagi tidur.” Lupus berusaha sekuat tenaga nahan selimutnya. Akhirnya dia nutupin mukanya pake bantal.
            “Bodo amat.” Lulu akhirnya menyerah dan ke luar dari kamar Lupus.
            Beberapa saat kemudian, terdengar suara langkah gedubrakannya si Gusur dan Boim memasuki kamar Lupus. “Wah, Pus, siang-siang cerah gini kok malah tidur siang, sih?” Boim langsung aja nyerocos, duduk di ranjang Lupus, dan menarik bantal yang menutupi muka Lupus. Gusur cuma duduk anteng di kursi dekat meja belajar Lupus. Lupus masih mencoba tidur di antara gangguan dua makhluk yang menjadi temannya ini.
            “Gue lagi tidur. Lo berdua balik aja deh.” Lupus narik selimut menutupi mukanya.
            “Yah, Pus, jangan gitu dong. Daku  sedang ada masalah nih. Bakalan terjadi petaka dan prahara jikalau dikau tiada membantu daku,” kata Gusur sambil berpindah duduk di ranjang Lupus. Sekarang, di ranjang kecil Lupus, ada Lupus, Gusur, dan Boim.
            “Iya, Pus. Masa lo tega sih ngga mau bantuin teman lo si Gusur ini. Ayo dong, Pus.” Boim mulai goyang-goyangin badan Lupus biar bangun.
            “Iya. Iya. Iya. Udah bangun nih gue. Ada apa?” Lupus duduk, memandangi muka kedua temannya dengan kesal.
            “Nah, gitu dong, Pus. Teman butuh bantuan itu ditolong, jangan didiemin aja. Kayak gue gini, Pus. Meskipun lelah, Boim akan selalu membantu teman yang kesusahan. Iya kan, Sur?” kata Boim sambil menengok ke Gusur. Gusur cuma mengangguk.
            “Iya. Iya. Kan tadi gue udah bilang mau bantu. Gue ngantuk banget ini. Semalam ngga tidur sama sekali gara-gara nyelesein artikel Majalah Hai,” sembur Lupus, masih bete pada kedua temannya. “Ada apaan, sih? Lo ada masalah apa, Sur?”
            “Hmmmm..... hmmm....” Gusur cuma diam aja, melipat-lipat bagian bawah kaosnya sambil melirik Boim. Lupus tambah ngga paham.
            “Sini, biar gue aja yang jelasin, Sur.” Boim menepuk-nepuk pundak Gusur, lalu duduk menghadap Lupus. “Gini Pus, si Gusur ini mau ketemuan sama cewek. Dia kenal cewek ini dari blog. Cewek ini kagum sama tulisan-tulisan Gusur di blog. Selama ini mereka cuma sering komen-komenan di blog sama ngobrol di telepon. Dia yang ngusulin buat ketemuan, soalnya mumpung lagi di Jakarta. Dia anak Pontianak. Ketemuannya hari ini jam 5.” Boim menjelaskan dengan panjang lebar.
            “Ya udah, ketemuan aja. Apa masalahnya?” Lupus masih ngga ngerti.
            “Ngga bisa gitu, Pus. Masalahnya, daku masang foto Chairil Anwar di profile picture blog daku. Terus, daku bilang padanya kalo daku ini ganteng, kurus, dan mempesona laksana Dewa Apollo,” kata Gusur sambil memelas. Pantesan aja Gusur frustrasi, soalnya penampakan dia memang jauh sekali dari Dewa Apollo.
            “Elo cari perkara, Sur. Kalo ngayal jangan kebangetan, deh. Terus lo mau gue ngapain?” kata Lupus masih bingung.
            “Wahai sahabat, tolong gantikan daku bertemu dengan Irene.”
            “What??? Lo gila apa ya, Sur? Gue kan juga ngga mirip Dewa Apollo. Lagian masa gue jadi lo? Kalo ketahuan gimana?”
            “Itulah Pus, tadi juga gue udah bilang sama Gusur kalo gue aja yang gantiin dia ketemu sama Irene. Gue kan ganteng, kurus, dan mempesona laksana Dewa Apollo,” kata Boim penuh percaya diri. Sayang, ngga dgubris sama dua temannya.
            “Ayolah Pus. Irene besok udah balik ke Pontianak. Jadi hari ini aja, tolong berpura-puralah jadi daku dan bertemu dengan Irene, dewiku.” Gusur masih saja memohon-mohon kepada Lupus.
            “Sur, lo paham ngga sih, dengan nyuruh gue menjadi elo, elo udah nipu Irene?” tanya Lupus.
            “Iya. Daku paham sepenuhnya paham, Pus. Tapi tolonglah daku sekali ini saja. Nanti dikau boleh pinjam kamera milik engkong daku sesuka hati dikau, Pus. Bagaimana, Pus?” Gusur mulai bernegosiasi.
            “Oke kalo gitu, Sur. Tapi ntar kalo ada masalah di belakang, elo yang tanggung ya, Sur?”
            “Siap, Pus. Dikau memang teman daku yang paling baik.” Gusur mulai meluk Lupus.
            “Iya. Iya. Jangan meluk gue, Sur.” Lupus beringsut dari dekat Gusur. “Sekarang, mana foto si Irene? Gue harus ketemu Irene di mana?” Gusur kemudian mengangsurkan hape-nya kepada Lupus. “Gile. Cantik banget si Irene. Pantesan lo ngotot mau ketemu sama dia, Im.” Boim cuma ketawa-ketawa.


            Sorenya, Lupus, Boim, dan Gusur sudah nongkrong di kafe tempat janjian ketemu sama Irene. Lupus duduk di pojok kafe, memakai baju biru, sendirian. Gusur dan Boim duduk di meja yang lain. Mereka berdua sibuk mengamati pintu masuk kafe. Menunggu cewek cantik yang memakai baju merah.
            “Daku tegang banget ini, Im. Gimana kalo Irene ngga datang? Sudah lewat jam 5, tapi kok belum ada tanda-tanda Irene yag berbaju merah datang, ya?” Gusur yang gelisah mulai menggenggam tangan Boim.
            “Sur, jangan pegang-pegang tangan gue. Bisa turun pasaran gue kalo dikira gue ada apa-apa sama lo. Bentar lagi Irene pasti datang, Sur. Kamu udah bilang nunggu di kafe ini jam 5 kan? Kamu pake baju biru, kan?” Gusur hanya mengangguk menanggapi jawaban Boim. “Ya udah, kita tunggu aja ada cewek berbaju merah yang nyamperin Lupus.”
            Ngga berapa lama kemudian, muncullah cewek cantik berbaju merah. Cewek itu cantik banget dengan rambut sepinggang dan senyum mempesona. Setelah memasuki pintu kafe, tuh cewek mengedarkan pandangan ke seluruh penjuru kafe, lalu melambai dan tersenyum ke arah Lupus. Dia berjalan dan duduk di depan meja Lupus. Dia adalah Irene yang ditunggu-tunggu.
            “Wah, Sur. Sumpah cantik banget si Irene.” Boim masih tak berkedip memandangi sosok Irene. Terlihat Lupus yang bahagia banget bisa duduk berdua dan ngobrol sama Irene yang jelita. “Dih, dasar si Lupus. Pasti dia manfaatin kesempatan buat deketin si Irene. Hati-hati aja, Sur, ntar siapa tahu lo ditikung sama si Lupus. Harusnya gue aja yang gantiin elo.” Boim mulai ngomporin Gusur. Gusur bergeming, tetap mandangin Irene yang lagi asyik ngobrol sama Lupus.
            “Sur, mandangin Irene-nya ngga usah gitu banget deh. Malu gue,”kata Boim sambil noleh kiri kanan.
            “Biarkan daku memandang wajah bidadariku untuk sejenak, Im. Daku membayangkan Irene yang cantik itu tertawa ketika berbicara dengan daku.” Gusur bicara sambil matanya masih memandang Irene.
            Tiba-tiba aja, Lupus dan Irene berdiri dari tempat duduknya masing-masing. Mereka berdua menuju meja Boim dan Gusur. Boim dan Gusur yang didatangi langsung kaget.
            “Irene, kenalin nih teman-teman gue, Boim dan Lupus. Im, Pus, kenalin nih Irene.” Lupus ngenalin Irene ke Boim dan Gusur. Lupus bilang nama Gusur sebagai Lupus.
            “Hai Lupus, Boim. Gusur tadi udah cerita banyak tentang kalian. Ngga nyangka ya bisa ketemu di sini.” Irene mengulurkan tangan ke Boim dan Gusur. Gusur yang dikenalkan sebagai Lupus sempat terdiam gara-gara syok. Lupus dan Irene akhirnya ikutan duduk di meja Boim dan Gusur.
            “Kalian teman dekatnya Gusur, kan? Gimana sih Gusur kalo di sekolah? Saya kan cuma kenal Gusur di dunia maya,” tanya Irene kepada Gusur dan Boim.
            “Gusur itu makannya banyak banget. Ngga kira-kira. Nasi sebakul juga habis sama dia. Udah gitu kalo jajan di kantin suka ngutang. Kalo di rumah, cuma pake kolor. Auuu...!!! Apaan sih lo Sur, eh, Pus. Kenapa nginjek kaki gue?” tanya Boim sambil memelototi Gusur.
            “Jangan percaya si Boim ini, Irene. Gusur itu orangnya baik. Suka membantu engkongnya. Dia juga rajin belajar dan menabung. Diantara teman-temannya, dia yang paling gaul dan keren. Daku, eh, gue jamin,” kata Gusur yang berapi-api.
            “Oh gitu. Si Gusur itu orang yang jujur, kan, Pus?” Irene bertaya kepada Gusur yang saat itu berakting sebagai Lupus.
            “Iya. Sudah pasti itu, Irene,” kata Gusur sambil mengacungkan jempolnya.
            “Terus kenapa dia ngga mau ketemu saya. Malah nyuruh temannya untuk berakting sebagai dia?” mata Irene masih terus memandangi Gusur yang saat itu salah tingkah.
            “Eh, Irene, maksud daku, eh gue, eh Pus, gimana ini? Irene, daku... daku...,” Gusur bingung harus berkata-kata sambil sesekali ngelirik Irene dan Lupus bergantian.
            ‘Kamu pikir saya ngga mau temenan sama kamu karena fisik kamu? Sur, kok kamu berfikir saya semacam itu sih? Saya kan sudah bilang, saya suka puisi-puisi kamu.”
            “Irene, daku cuma tidak yakin bidadari seperti dikau mau berteman dan ngobrol lagi dengan daku jika tahu bahwa daku tidak seperti Dewa Apollo.” Gusur cuma bisa ngomong sambil memandang ke bawah. “Maafkan daku, Irene.”
            “Sukurin lo, Sur. Makanya jangan berfikiran buruk sama orang,” kata Boim ngasal.
            ‘Diam Lo, Im. Jangan asal bacot.  Ayo kita pergi dari sini, Im.” Lupus menarik Boim pergi dari situ.
            “Eh, mau pergi, Pus? Lha, kita belum makan, Pus. Gue juga penasaran ini akhirnya gimana? Gusur dimaafin atau ngga sama Irene? Ngga usah dimaafin, Irene. Lo temenan sama gue aja. Gue orangnya jujur.” Boim yang diseret Lupus masih tetep berusaha untuk mempengaruhi Irene. “Udah Pus, udah nyampe luar ini. Kenapa sih lo ngomong jujur?”
            “Gue lihat Irene orangnya baik dan dia juga tulus sama Gusur. Lagian gue udah ketahuan dari awal kok kalo gue bukan Gusur. Irene udah tahu gimana gaya bicara  Gusur, jadi waktu gue ngomong, Irene langsung bisa nebak gue bukan Gusur. Ya udah, sekalian gue jujur aja,” jawab Lupus.
            “Oh gitu. Ya udah. Balik lagi ke kafe yuk. Kita nguping si Irene dan Gusur ngobrol apaan,’ ajak Boim sambil berbalik ke arah kafe.
            “Ngga usah, Im. Udah kita pulang aja. Biar Gusur selesaiin urusannya sendiri.” Lupus tetap narik Boim buat jalan.

            Besoknya di sekolah, Gusur dengan bahagia datang ke kelas Lupus dan Boim. “Terima kasih sekali daku ucapkan untuk kalian berdua, dua sahabat tercintaku, Lupus dan Boim. Terutama dikau, Pus.”
            “Gimana emang kemarin sama Irene? Kamu ditampar, Sur?” Boim langsung aja nyerocos nanya begitu Gusur datang.
            “Enggak lah, Im. Kami kemarin ngobrol di kafe sampai malam. Lalu daku nganterin Irene pulang ke rumah tantenya. Selama di Jakarta, Irene tinggal di rumah tantenya. Tadi pagi juga Irene whatsapp sebelum dia naik pesawat dan setelah dia nyampe rumah. Irene ternyata baik banget.” Gusur cerita sambil berbunga-bunga.
            “Wah, selamat ya, Sur. Gue tahu kok Irene baik dan dia beneran mau temenan sama lo,” kata Lupus.
            “Pus, lo juga punya blog, kan?” tanya Boim.
            “Iya, kenapa, Im?” jawab Lupus.
            “Ajarin gue bikin blog dong, Pus. Gue kan juga pingin kenalan sama cewek cantik yang mengagumi tulisan-tulisan gue di blog,” kata Boim malu-malu.
            “Yee... Dasar mental follower  kamu, Im. Kemarin-kemarin menghina daku, sekarang meniru daku. Inget, Im, kalo mau sukses, dikau harus membuat jalan sendiri. Seorang pelari yang mengikuti jalur pelari di depannya, tidak akan pernah menjadi pemenang. Selamanya menjadi follower,” Gusur sok berfilosofi.
            “Bawel lo, Sur,” kata Boim sebal.

            Lupus hanya tertawa melihat akhir yang indah untuk para sahabatnya. Well, setidaknya indah untuk Gusur.





*Nama Irene terinspirasi dari Irene Adler dalam Novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments